3.06.2016

Cara Membersihkan Kompor Induksi & Dapur Dari Minyak


Bu ibuuu.. Udah pada beres masak? Jangan males bersihin bekas cipratan minyaknya ya.. Biar gak mengerak kalo dibiarin terlalu lama. Ini pengalaman saya, cara bersihin cipratan minyak di kompor induksi ataupun lantai dapur. Simple dan gak ribet..Beberapa bulan yang lalu, sempet males banget maen ke dapur untuk masak terutama masakan yang harus digoreng dengan minyak dulu, alesannya karena males bersihin bekas cipratan minyaknya yang harus dibersihkan berulang-ulang sampe licinnya ilang. Saya orang yang gak suka kotor, apalagi dapur. Jadi setiap selesai masak saya selalu bersihkan sisa-sisa lemak dari minyak yang menempel di kompor sama lantai. Sampe akhirnya nemu cara ini, sekarang kalo masak jadi gak pake mikir lama lagi. Soalnya bersihinnya gampang.. Hehehehe

Kompor Induksi
Kompor induksi ini kompor yang menggunakan daya listrik untuk prosesnya. Biasanya atasnya dilapisi bahan yang terbuat dari keramik, terbilang aman karena tidak akan panas bila kita pegang kompornya walaupun dalam keadaan on, tapi kalo dipegang wajannya sih ya jangan lah.. Hehehe. Nah cara bersihinnya biasanya saya cuma pake spons pencuci piring yang sudah diberi sabun pencuci piring dan diremas sampe berbusa. Setelah berbusa baru deh usap seluruh permukaan kompor sekali aja, setelahnya baru usap sama kain yang telah dibasahin air dan diperas ya.. Jadi kainnya cuma sekedar basah sedikit aja untuk bilas busa. Nah selesaaai.. Tinggal lap aja sama tissue dapur buat ngilangin basahnya. Simple kan.. 

Lantai Dapur
Nah, untuk lantai dapur sebenernya caranya hampir sama. Biasanya saya ambil sedikit air di dalem ember, terus masukin sabun pencuci piring secukupnya dan kucek sama lap sampe berbusa. Kalo udah berbusa tinggal usap seluruh lantai dapur, selanjutnya bilas sama air biasa. Kalo saya sih biasanya bilas sekali sama air yang udah dikasih cairan pembersih lantai. Udah deh.. Lantai dapur udah gak berminyak lagi. Udah bisa guling-guling lagii.. Ahahaha. Yakaliii..