1.08.2017

Bisnis (Part 1)



Pertengahan Tahun 2013 sempat terpikir oleh saya untuk membangun sebuah usaha. Tetapi mau usaha apa, saya juga masih bingung. Belum ada bayangan akan usaha apa. Saya pun mulai browsing di internet usaha apa yang modalnya kecil, pasarnya rame, dan untungnya lumayan. Klak.. klik.. klak.. klik.. tab internet saya buka tutup terus sampe saya nemu usaha yang cocok. Entahlah, saya suka jualan ternyata.. Padahal saat itu posisi saya adalah karyawan. Alasannya saya ingin punya penghasilan tambahan selain dari gaji seorang karyawan.

Akhirnya di penghujung Tahun 2013, saya memulai bisnis online shop. Produk yang saya jual adalah aksesoris pria, seperti tas, dompet, dan jam tangan branded dengan kualitas replika. Atau lebih terkenal dengan istilah KW..
Pangsa pasarnya lumayan rame, karena belum begitu banyak yang menjual aksesoris pria secara online dibanding dengan aksesoris wanita yang hampir semua sosmed sudah menjamur para penjualnya. Saat itu, modal saya hanya Rp. 150.000,- untuk mendaftar sebagai dropshipper sekaligus biaya pembelian katalog. Untung yang saya dapat sebagai dropshipper adalah Rp. 25.000,-/barang, jadi jika saya mampu menjual dua buah barang maka saya mendapat untung Rp. 50.000,-.

Mulailah saya promosi di berbagai akun sosial media. Dari mulai facebook, twitter, instagram, sampai pinterest. Tidak bisa langsung laku, semua berproses.. kadang sudah promosi tiga hari tetapi masih sepi pembeli. Saya masih ingat ketika saya dapat pembeli pertama, senangnya bukan main. Hingga seiring berjalannya waktu pembeli mulai berdatangan. Banyak pengalaman yang saya dapatkan dari berjualan online, dari pembeli yang super sabar, pembeli yang nipu, sampe pembeli yang gak sabaran kalo chatnya belum kita balas. Ada juga pembeli yang ketakutan kalo barangnya tidak sampai.. sampe pembeli yang PHP juga ada. Hihihi
Semuanya jadi pengalaman berharga buat saya. Banyak pelajaran yang bisa saya ambil dari semua proses saya merintis usaha online ini. Sampai awal Maret 2014 sudah lebih dari 200 barang yang berhasil saya jual..
Saya lupa pastinya bulan apa, di awal tahun 2014 itu saya gak sengaja membaca tweet salah seorang motivator terkenal Indonesia, Ippho Santosa. Saat itu beliau berkicau jika berjualan produk replika sama saja dengan kriminal, karena hasil pemalsuan, ilegal. Jlebbb!!
Tweet itu langsung kena hati saya, hari demi hari kata-kata itu selalu berkecamuk di pikiran saya. Hingga akhirnya pertengahan Tahun 2014 saya putuskan untuk berhenti dari usaha ini. Karena saya juga takut jika untung yang saya dapat tidak berkah..

Mulai dari situ saya akhirnya berhenti berjualan online barang replika atau KW. Saya off berbisnis sampai tahun 2016. Naaah, sekarang di tahun 2017 saya mulai berbisnis lagi. Mau tahu apa usaha saya di 2017?? Yang jelas lebih mudah, menguntungkan, dan lebih enak karena tersistem. Bisnis saya bisa dijalankan oleh semua orang, baik itu ibu rumah tangga, karyawan kantoran, anak kuliahan, bahkan anak sekolahan. Untungnya berkali lipat dari usaha online saya yang pertama..

Next di post berikutnya saya bakal sharing bisnis apa saya sekarang. Sampai jumpa di post berikutnya ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar