3.12.2014

Hidup Sehat.

 

Rasulullah S.A.W Bersabda : "Sumber penyakit adalah perut. Perut adalah gudang penyakit, dan puasa adalah obat." (HR. Muslim)


Hadist itu sudah lama saya dengar, cuma baru beberapa bulan ini akhirnya saya putuskan bahwa PERUT (saluran pencernaan) saya harus SEHAT. Gak muluk-muluk, saya hanya ingin gak gampang sakit sebenernya. Terlepas kalo hasilnya bisa buat kita terlihat awet muda, fresh, ataupun langsing. Anggap aja itu bonus.. Hehehe
Saya pun mulai merubah gaya hidup saya, mulai dari perbanyak minum air putih, perbanyak makan sayur dan buah, dan sudah sangat jarang mengkonsumsi makanan goreng-gorengan. Saya pun mulai browsing dan cari referensi menu makanan sehat tetapi enak. Banyak kok resep makanan sehat dan enak, gak mesti harus di rebus melulu, atau selalu di makan mentah. Intinya saya selalu usahakan mengolah sendiri makanan saya, walaupun sedikit repot gak masalah. Yang penting saya tahu asal muasal makanan yang masuk ke perut saya, daripada harus beli jadi yang kadang kita gak tau apakah minyak yang digunakan memasak baru atau bekas sisa kemarin. OMG.. :|

Berikut hal-hal yang mulai berubah di pola hidup sehat saya :
  1. Pagi hari selalu sempatkan olah raga selama 30 menit (Olah raga apapun yang kalian suka. Kalo saya kadang lari atau yoga)
  2. Lebih banyak mengkonsumsi sayuran dan buah segar setiap hari
  3. Perbanyak konsumsi makanan berserat tinggi, seperti oats, biji-bijian, buah-buahan kering, dsb
  4. Tidak makan besar di atas jam 19.00 malam.
Waduh susah ya?? Gak susah sebenernya.. Asalkan kita yakin bahwa kita bisa, saya jamin hal ini bakalan terasa gampang. Saya pun masih makan nasi, cumaaa.... kalo lagi kangen nasi biasanya saya ganti nasi putihnya jadi nasi merah. Dibanding nasi putih, nasih merah memiliki indeks glikemik rendah dan memiliki serat yang tinggi. Sayuran yang saya makanpun kadang ada proses goreng, hanya saja bedanya sekarang saya selalu usahakan masak dengan minim minyak. Minyak yang saya pake paling hanya 1 sendok teh saja, alhasil selain sehat saya juga bisa menghemat pengeluaran pembelian minyak bulanan. Hihihi
Kadang kalo lagi pengen makan jajanan kesukaan, saya selalu khususkan satu hari dalam seminggu dimana saya bisa makan semua makanan yang saya suka. Tentunya gak semua di makan, secukupnya saja.
Hasilnya lumayan ngaruh ke tubuh saya, dulu biasanya gampang banget kena flu di saat cuaca musim hujan kaya gini. Sekarang paling cuma kerasa gak enak badan, di oles kayu putih besoknya udah seger lagi. Alhamdulilah..
Yuk, mulai sekarang kita biasakan hidup sehat!